Senin, 13 Agustus 2018

Tembakau dan Permasalahannya

Fajar Dwi R

Tembakau, tanaman yang sering sekali di gunakan sebagai bahan baku rokok. Dengan kondisi geografis dan cuaca di Desa Sejati, Tembakau merupakan produk tanaman andalan yang di tanam oleh penduduk.lokal ketika musim panas menggantikan Jagung dan Padi. Akan tetapi sama seperti semua tumbuhan lain. Tembakau juga memiliki kelemahan terhadap hama. Hama tersebut adalah Orbung dan yang kedua adalah Ulat Daun.
Dengan pengalaman sebagai pelajar dan sebagian memiliki background keluarga sebagai petani, KKN 85 sukses membuat pestisida untuk Orbung dan Ulat Daun yang selama ini meresahkan petani tembakau di desa sejati. Kesuksesan in terjadi tidak lepas dari dukungan orang tua dan keluarga mahasiswa kelompok KKN 85 serta aparat desa dan warga desa Sejati sendiri yang beberapa di antaranya mau merelakan sebagian tembakaunya untuk di jadikan percobaan untuk pestisida nya selama satu minggu. Atas keberhasilan tersebut, sekali lagi mahasiswa KKN 85 mengundang warga untuk melakukan sosialisasi petisida yang 90% mengalami kesuksesan.
Pestisida yang pertama adalah pestisida kimia untuk Orbung atau di kenal Cabuk bila di jawa. Dengan obat semut Drusban yang biasa di gunakan di jagung, di campur dengan sabun pencuci piring (Colek), Ekonomi, Wings dll. atau (Cair) Sunlight, Mama Lemon, dll. Orbung di pastikan mati setelah dua sampai tiga hari. Kemudian dampak tanaman Orbung juga menghilang dan setelah Orbung mati, tembakau yang di hinggapi orbung sebelumnya akan mulai hidup normal dan mampu menumbuhkan tunas baru.
Sementara untuk pestisida ulat sendiri, KKN 85 memutuskan untuk membuat pestisida nabati untuk mengurangi dampak penggunaan pestisida kimia. Dengan campuran daun tembakau, daun sirsak, sabun cuci piring yang colek maupun cair, ulat yang ada pada tembakau akan pergi dan tidak lagi mau memakan dedaunan tembakau.
Dengan suksessnya pembuatan pestisda tersebut diharapkan, kelak para petani tembakau tidak akan kesulitan lagi dan harus menghadapi gagal panen hanya di karenakan hama yang sangat kecil seperti orbung dan ulat.


0 comments:

Posting Komentar

Coprights @ 2016, Blogger Templates Designed By Templateism | Templatelib