Kamis, 09 Agustus 2018

Sarana dan Prasana di Desa Sejati

Fajar Dwi R


BIDANG PENDIDIKAN
Pendidikan adalah sarana untuk menuntut ilmu baik formal maupun non formal. Pendidikan formal di Desa Sejati kurang diperhatikan disebabkan kurang adanya motivasi dari orang tua dan motivasi dari diri sendiri. Sedangkan pendidikan non formal sangat diminati oleh pelajar masyarakat di Desa Sejati karena masyarakat berpikir bahwa pendidikan non formal atau bisa disebut dengan sekolah madrasah diniyah lebih penting.
            Sebagian besar masyarakat menganggap sekolah formal membutuhkan banyak biaya. Paradigm yang terjadi di masyarakat Desa Sejati masih terbelakang, karena dilihat dari beberapa remaja menikah pada usia dini dan pemikiran masyarakat terhadap pendidikan agama dianggap lebih penting dari pada pendidikan formal (SD, SMP, dan SMA). Kebanyakan masyarakat di Desa Sejati lebih memilih untuk bekerja (TKI/ TKW) dari pada sekolah formal.
Berikut data jumlah lembaga pendidikan di Desa Sejati dalam Binaan Kementrian Pendidikan :

No Sarana Pendidikan Jumlah
1 TK Sederajat 3
2 SD 5
3 SMP 0
4 SMA 0
5 Perguruan Tinggi 0
Jumlah 8
Berikut data jumlah lembaga pendidikan di Desa Sejati  dalam Binaan Kementrian Agama :  

No Sarana Pendidikan Jumlah
1 RA 4
2 Madrasah Diniyah 7
3 Madrasah Ibtidaiyah 4
4 Madrasah Tsanawiyah 4
5 Madrasah Aliyah 3
6 Pondok Pesantren 5
Jumlah 27


BIDANG KESEHATAN
            Kesehatan adalah faktor yang sangat perlu diperhatikan dalam upaya mewujudkan masyarakat yang handal, dimana kesehatan bukan hanya kesehatan jasmani saja, akan tetapi harus didukung pula oleh kesehatan lingkungan. Kesehatan masyarakat dipengaruhi oleh kesadaran masyarakat dab fasilitas yang tersedia. Teteapi sarana dan prasarananya kurang mendukung.
            Sarana kesehatan di Desa Sejati masih kurang memadai, tidak ada puskesmas. Jadi jika warga ingin berobat harus ke puskesmas Desa Tanjung. Yang jaraknya cukup jauh apabila dibutuhkan mendadak. Pelayanan kesehatan di Desa Sejati hanya ada posyandu yang berjumlah 9 unit. Sedangkan jumlah tenaga kerja kesehatan terdapat 2 bidan, 1 perawat, dan 2 dukun bersalin yang telah terlatih. Berikut data pelayanan kesehatan masyarakat di Desa Sejati :


No Uraian Jumlah sarana
1 Apotek 0
2 Rumah Sakit Umum 0
3 Rumah Bersalin 0
4 Poliklinik 0
5 Posyandu 9
6 Puskesmas 0
7 Dokter Praktek 0
8 Polindes 0
Jumlah 9
Berikut jumlah tenaga kerja kesehatan sebagai berikut :

No Uraian Jumlah Sarana
1 Dokter 0
2 Bidan 2
3 Perawat 1
4 Dukun Bersalin 2
Jumlah 5




BIDANG KEAGAMAAN
Penduduk Desa Sejati  mayoritas sebagai penganut agama Islam, hal itu tercermin dalam kehidupan sehari-hari yang sangat agamis. Kehidupan agamis masyarakat bukan hanya tercermin dari kegatan beribadah sholat lima waktu, pelaksanaan puasa dan zakat saja, akan tetapi tercermin dari sikap saling tolong menolong diantara warga masyarakat dan terciptanya kerukunan dalam kehidupan sebagai bentuk kesalehan sosial. Adapun penganut agama dan sarana sebagai berikut :
No Agama Jumlah
1 Islam 7889
2 Katolik 0
3 Protestan 2
4 Hindu 0
5 Budha 0
Jumlah 7891

No Sarana Ibadah Jumlah
1 Masjid 9
2 Musholla/ Surau 21
3 Gereja 0
4 Pura/Wihara 0
Jumlah 30

0 comments:

Posting Komentar

Coprights @ 2016, Blogger Templates Designed By Templateism | Templatelib