Sabtu, 11 Agustus 2018

Pendidikan Dasar Merupakan Awal Pondasi Masa Depan Negara

Fajar Dwi R

Wujud pengabdian kepada negara bisa dalam berbagai bentuk, seperti halnya mengajar. Dalam mengajar akan banyak hal yang di temui dan menjadi tantangan karena para pengajar yang biasa disebut sebagai guru, harus menunjukkan daya tarik dari apa yang akan mereka ajarkan sehingga muridnya berminat. Sebagai generasi yang membawa arus perubahan Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura (UTM) dari kelompok KKN-85 menunjukkan dedikasi mereka serta wujud aplikasi pengalaman belajar mereka untuk membantu mengajar di SDN Sejati II.
Sebuah kehormatan dan kesempatan bagi Kelompok KKN 85 untuk di berikan izin mengajar di sebuah sekolah dasar yang merupakan tempat untuk mencetak dan memberikan kontribusi kepada pondasi bangsa dan negara Indonesia tercinta.
            Berbagai macam siswa dengan pemikiran, perilaku dan sifat mereka memberikan perbedaan dan memberikan tantangan berat bagi mahasiswa UTM karena masing-masing dari mereka memiliki latar belakang yang berebeda. Sehingga perlu berbagai cara untuk menarik minat belajar siswa dan siswi di SDN Sejati II.
            Tujuan dari kegiatan mengajar ini adalah membangun bangsa dari dasar dan memberi ide-ide terbaru untuk membentuk individu cerdas, kreatif, berbudi dan beragama melalui membaca. Membaca merupakan aspek terpenting dalam Bahasa karena dengan Bahasa setiap makhluk berkomunikasi. Kemudian membaca juga melatih siswa melihat hal yang lebih luas dan membantu mereka berpikir kritis untuk mencari solusi di sebuah permasalahan. Dengan membaca, di harap para siswa dan siswi bisa membaca situasi, beradaptasi dan menyelesaikan masalah sebaik mungkin setelah mendapat informasi yang cukup.
            Sebuah tes dalam bentuk soal, diberikan untuk menguji pemahaman para siswa dan siswi demi memahami sejauh mana mereka bisa memahami pelajaran yang telah di ajarkan. Antusiasme mereka di harapkan bisa terbukti melalui hasil dari studi dan pemberian materi.

            Sebuah langkah kecil yang di penuhi duri menjadi tantangan bagi pengajar dan siswa dan siswi demi mencetak generasi bangsa yang kelak akan meneruskan cita-cita dan harapan bangsa Indonesia. Senyum dan cerahnya masa depan mereka juga secara tidak langsung memberi kontribusi pada evolusi bangsa dan negara Indonesia untuk menjadi lebih baik.

0 comments:

Posting Komentar

Coprights @ 2016, Blogger Templates Designed By Templateism | Templatelib