Jumat, 10 Agustus 2018

Adakan Sosialisasi Pembuatan Manisan Jambu Air (MANJA), KKN 85 Memperkenalkan Produk Olahan Andalan dari Desa Sejati

Fajar Dwi R

Mahasiswa, selain duduk dan membaca buku dan jurnal pendidikan, juga di tuntut untuk bisa bermanfaat bagi masyarakat. Sebab, seberapa pintar mahasiswa, jika tidak mampu mengabdi kepada masyarakat, ibarat pohon berbuah yang tak termanfaatkan.
Langkah awal Universitas Trunojoyo Madura untuk melatih kepekaan sosial mahasiswa kepada lingkungannya, salah satunya dengan pelaksanaan program Kuliah Kerja Nyata (KKN).
Di kecamatan Camplong, tepatnya di desa Sejati, Kelompok KKN 85 mengabdikan diri kepada masyarakat. Salah satu agenda dari KKN 85 adalah melakukan pendampingan dan pengarahan terhadap potensi sumberdaya masyarakat desa Sejati, seperti mengadakan sosialisasi terhadap produk olahan Manisan Jambu Air (MANJA).
“Acara ini untuk meningkatkan kesejahteraan petani jambu air sekaligus memperkenalkan produk andalan desa Sejati,” terang Adlu Rohman, Kordes KKN 85, Kamis (26/7/18).
Acara sosialisasi MANJA tersebut disambut antusias oleh ibu – ibu warga desa Sejati. Puluhan warga mengikuti acara dengan baik. Dimulai dengan penjelasan tahap –tahap pembuatan MANJA, kemudian memraktikkan pengolahan MANJA secara langsung.
“Ilmunya bisa bermanfaat dan berkelanjutan,” tukas Kurnia, Ketua Pelaksana Sosialisasi MANJA.
Mahasiswa Teknologi Industri Pertanian angkatan 2015 itu mengunggkapkan, harapan dari KKN 85 terhadap output kegiatan adalah meningkatkan nilai jual produk agar dapat menyejahterakan petani jambu air.
“Jika kelak ada mahasiswa yang KKN ke desa Sejati, bisa melanjutkan dan membenahi produk olahan andalan desa Sejati ini,” tutup Kunia.

0 comments:

Posting Komentar

Coprights @ 2016, Blogger Templates Designed By Templateism | Templatelib